Jumat, 30 Januari 2009

Penipuan Lomba Sinopsis


Ketika aku duduk di bangku kelas 3 SMA, aku sempat mengikuti lomba penulisan sinopsis. Buku yang aku rangkum bertajuk "Pula Nusakambangan". Saat presentasi lomba diadakan aku menampilkan yang terbaik, terutama untuk membawa nama baik sekolahku. Juripun salau kepadaku karena aku dapat menjawab pertanyaan yang diajukannya. Tentu saja, karena aku sempat beberapa tahun tinggal di Cilacap. Akhirnya aku dinobatkan menjadi juara pertama pada lomba tingkat Kota itu. Hadiah yang dijanjikan oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang adalah uang sebesar Rp 1.600.000,00 beserta piala dan piagam. Namun itu hanya omong belaka karena pada akhirnya aku ditipu mentah-mentah. Hanya piala dan piagam yang diberikan oleh Dinas. Unagnya raip entah dimakan siapa. Itulah kekecewaanku sebagai anak bangsa. Aku merasa pendidikan yang seperti itu sama artinya dengan membiarkan anak bangsa terlantar dalam kebanggannya menjadi juara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar